Minggu, 29 November 2009

BUDAYA :: ANGKLUNG

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu, yang dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi. Angklung merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Dulu kemunculan angklung berawal dari ritus padi.



Angklung diciptakan dan dimainkan untuk memikat Dewi Sri turun ke Bumi agar tanaman padi rakyat tumbuh subur. Dikenal oleh masyarakat sunda sejak masa kerajaan Sunda, fungsinya sebagai penggugah semangat dalam pertempuran. Fungsi angklung sebagai pemompa semangat rakyat masih terus terasa sampai pada masa penjajahan, itu sebabnya pada waktu itu pemerintah Hindia Belanda sempat melarang masyarakat menggunakan angklung, pelarangan itu sempat membuat popularitas angklung menurun dan hanya di mainkan oleh anak- anak pada waktu itu.

Angklung juga sebagai alat musik pendidikan dan persahabatan. Untuk memainkan sebuah lagu, kita dapat membentuk suatu tim sendiri. Semakin sulit suatu lagu, akan mendidik kita akan suatu lagu, musik dan bagian2nya. Semakin sulit suatu lagu, akan semakin membutuhkan kerja sama antar anggota tim agar dapat menghasilkan nada yang indah.
Oleh sebab itu, angklung semakin di terima di negara2 lain karena dapat membantu dalam pendidikan dan persahabatan. Begitu banyak budaya di Indonesia, patutlah kita bersyukur karena kita merupakan Warga Negara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar